Pemerintah telah menerbitkan aturan turunan dari Undang-Undang (UU) Cipta Kerja Nomor 11 2020. Ada sebanyak 49 aturan pelaksana dari UU Cipta Kerja, yang terdiri atas 45 Peraturan Pemerintah (PP) dan 4 Peraturan Presiden (Perpres) yang diterbitkan.

Asosiasi Kontraktor Nasional (ASKONAS) menyambut positif dengan telah diterbitkannya aturan turunan UU Cipta Kerja tersebut. “Selamat datang peraturan pemerintah yang akan mengatur tentang kehidupan bermasyarakat dan juga kehidupan berusaha di seluruh Indonesia,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ASKONAS, Ferdaus Ardyansyah Purnomo ST.

Ferdaus Ardyansyah Purnomo ST, menyampaikan, dengan telah keluarnya peraturan turunan dari UU Cipta Kerja itu, maka akan ada perubahan-perubahan yang fundamental, tak terkecuali dalam bidang jasa konstruksi.

“Nantinya di peraturan pemerintah No 14 tahun 2021 yang mengatur tentang jasa konstruksi, akan merubah regulasi dan tatanan terkait perubahan di sektor jasa konstruksi, terutama untuk percepatan jasa konstruksi dan infrastruktur di Indonesia,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya menambahkan, juga telah terbit Peraturan Presiden No 12 tahun 2021, tentang peraturan pengadaan barang dan jasa di seluruh Indonesia. “Ini nantinya juga akan merubah tatanan yang akan ada, terutama di sektor usaha kecil atau koperasi, yang diberikan wewenang mengerjakan pekerjaan senilai sampai dengan Rp 15 miliar,” tuturnya.

Pihak ASKONAS pun menegaskan, sangat mendukung terbitnya peraturan pemerintah dan peraturan presiden yang mengatur terkait jasa konstruksi, juga pengaturan barang dan jasa, serta peraturan pemerintah terkait segala perizinan yang nanti akan melalui Online Single Submission (OSS).

“Merespons hal itu, ASKONAS akan melakukan pembinaan kepada seluruh anggota, dalam rangka mengikuti sistem digital dari OSS tersebut,” ungkapnya menandaskan.

Sumber : gayakumedia.com

Artikel

Artikel pada website ini berisi mengenai info-info terbaru baik dari dunia konstruksi maupun umum, serta kegiatan-kegiatan ASKONAS yang kami himpun dari divisi internal maupun sumber eksternal.

Lihat Artikel Lainnya